Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Menulis Lead atau Teras Berita Secara Sederhana dan Baik

Bagaimana Cara Menulis Lead Berita Secara Sederhana dan Baik - Menulis berita tidaklah serumit yang dibayangkan jika kita memahami apa saja bagian atau struktur berita. Pada bagian awal pembahasan di universitasjurnalistik.com yang namanya struktur sebuah berita ada bagian yang dikenal dengan sebutan lead atau teras berita. Lead merupakan paragraf pertama yang mana ada dalam berita. Lead atau teras berita mengandung gambaran umum suatu berita.

Apa Itu Teras Berita atau Lead Berita?

Teras Berita dalam sebuah berita menjadi sangat penting karena akan menggambarkan keseluruhan berita dan menjadi daya tarik berita agar diminati khalayak. Lead fungsinya sama dengan intro dalam musik disebut juga teaser, penggoda, karena pada hakekatnya bagian awal dari tulisan tak ubahnya sebagai penggoda agar pembaca tertarik untuk membacanya terus.

Teras Berita yang ideal adalah yang menggandung unsur 5W + 1 H. Unsur 5 W + 1 H yang dimaksud adalah What (Apa), Who (Siapa), Why (Kenapa), When (Kapan), Where (Dimana) dan How (Bagaimana). Namun tidak ada urutan rumus yang pasti dalam menempatkan mana yang harus lebih dulu ditulis.

Beberapa media massa memiliki toleransi dan aturan tersendiri  terhadap teras berita. Namun yang terpenting teras berita tetap mencerminkan keseluruhan isi berita dan menarik pembaca untuk membaca berita tersebut.

Begini Cara Menulis Lead atau Teras Berita Secara Sederhana dan Baik
Menulis Lead atau Teras Berita

Baca juga: Menghasilkan Foto Jurnalistik yang Berkualitas

Dalam memudahkan seorang wartawan untuk membuat teras berita, Melvin Mincher  merumuskan apa yang harus dilakukan wartawan dalam membuat sebuah lead.

Langkah Awal Menulis Lead Berita

Pertama seorang wartawan haruslah menanyakan kepada dirinya sendiri tentang fakta-dakta yang ditemukan di lapangan. Pertanyaan yang harus ditanyakan adalah:

  • Apa yang unik, atau paling penting atau tidak biasa dari sebuah kejadian?
  • Siapa yang terlibat – siapa yang melakukan atau siapa yang memberikan penjelasan?

Setelah berhasil menjawab dua pertanyaan diatas maka seorang wartawan harus menjawab pertanyaan untuk membentuk sebuah lead:

  • Lead jenis apa yang lebih tepat dipakai
  • Gaya bahasa seperti apa yang akan dipakai di dalam lead
  • Apa yang lebih membuat pembaca tertarik untuk ditempatkan diawal

Pertanyaan diatas mungkin terlihat mudah, tetapi dalam kenyataannya masih membuat wartawan terutama wartawan pemula kesulitan. Akibatnya teras berita menjadi tidak fokus dan tidak menggambarkan keseluruhan isi dari berita tersebut.

Jenis Lead Berita

Untuk memudahkan dalam menulis maka lead diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Summary Lead

Jenis ini cukup berisi ringkasan singkat tentang inti yang terjadi dalam sebuah kejadian. Lead jenis ini yang biasa dipakai untuk berita singkat seperti straight news ataupun flash news. Lead jenis ini menyajikan unsur 5W + 1 H di dalamnya secara singkat.

2. Comprehensive Lead.

Jenis ini menggambarkan secara keseluruhan gambaran dari sebuah kejadian. Lead jenis ini biasa juga disebut roundup lead. Lead jenis ini menekankan unsur “kapan” dalam pembukaan yang menjadi esensi berita yang diikuti oleh fakta-fakta lainnya.

3. Accident Lead

Jenis ini adalah kombinasi dari summary lead dan  comprehensive lead. Yang menjadi ciri khas dari lead jenis ini karena lead ini lebih menekankan pada unsur “siapa” pada penulisannya.

Contoh Lead Berita atau Teras Berita

Ada beberapa jenis lead atau teras berita yang bisa dibuat diantaranya:

1. Who Lead (Teras Berita Siapa)

Kejaksaan Negeri Blora, Jawa Tengah, menangani kampanye terselubung PKS Kabupaten Blora yang dilimpahkan Kepolisian Resor Blora, Jumat pekan lalu.

Terkait itu, kejaksaan menyiapkan dua jaksa khusus tindak pidana pemilu, Suryadi dan Tri Joko, yang akan menjadi jaksa penuntut umum di persidangan. Tersangka kasus itu adalah Sujad, Ketua Bakti Sosial Pengobatan Gratis PKS di Dukuh Kembang dan Nggoboyo, Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo.

2. What Lead (Teras Berita Apa)

Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana menargetkan pembangunan fisik Waduk Jatibarang dapat selesai pada pertengahan tahun 2013. Dengan selesainya pembangunan Waduk seluas 2 21,65 hektar ini, diharapkan dapat mengatasi masalah banjir di Kota Semarang.

3. When Lead (Teras Berita Kapan)

Sejak dibentuk pada tahun 2006, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melikuidasi sebanyak 15 bank perkreditan rakyat (BPR) di Indonesia. Sebagian besar atau sembilan BPR yang dilikuidasi itu berada di Jawa Barat.

4. Where Lead (Teras Berita di mana)

Kabupaten Lamongan memiliki 462 desa di 27 kecamatan. Dari jumlah tersebut 11 desa belum memiliki kepala desa definitif karena masa jabatan kades berakhir. tetapi belum menggelar pemilihan kepala desa. Selain itu, kades di 8 desa akan berakhir masa jabatannya pada pertengahan tahun 2009.

5. Why Lead (Teras Berita Mengapa)

Gara-gara kebakaran di Depo Plumpang, pasokan pertamax plus dan pertamax di Bandung kritis.

6. How Lead (Teras Berita Bagaimana)

Untuk mencegah kematian akibat minuman keras oplosan. Masyarakat perlu mendapat bimbingan dan penyadaran tentang memilih makanan dan minuman sehat.

7. Contrast Lead (Teras Berita Kontras)

Satu lagi korban kekerasan insan pendidik di Indonesia terjadi. Daun telinga sebelah kiri Mohammad Rofi Iswandi (9), siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Sukokerto 1, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, hampir putus akibat dijewer gurunya, Gozali.

8. Cuotation Lead (Teras Berita Kutipan)

Ayunda punya obsesi memiliki sebuah bale bengong (gazebo khas Bali) untuk bersantai di sore hari. Namun, halaman rumahnya sangat terbatas, tak cukup untuk meletakkan sebuah gazebo yang kecil sekalipun. Rasanya bukan hanya Ayunda ycng memiliki obsesi seperti itu. Memiliki sebuah bale bengong memang menyenangkan, karena bisa digunakan untuk menyantap makanan ataupun untuk sekedar duduk-duduk berkumpul bersama keluarga. Namun, lagi-lagi, keterbatasan lahan menjadi batu sandungan untuk membuat sebuah bale bengong di rumah.

9. Question Lead (Teras Berita Pertanyaan)

Mengapa tidak ke lantai bawah lebih dulu? “Inilah konsep dasar rumah panggung. Di sini, kami melakukan kegiatan utama di lantai atas,” jawab Santo—panggilan akrab Santoso W. Reksoprodjo. Konsep bertinggal seperti ini umurnya sudah tua sekali.

10. Descriptive Lead (Teras Berita Pemaparan)

Seusai peluncuran bukunya yang berjudul Indonesia Unggul dan peresmian Toko Buku Gramedia di Grand Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkesempatan mengunjungi Teras Kompas di 3rd floor Grand Indonesia, Di tempat ini, Presiden menyaksikan sendiri terobosan teknologi dalam jiwa jurnalisme Kompas yang terwujudkan dalam portal berita Kompas.com, TV streaming KompasTV, Kompas e-paper dan Pusct Informasi Kompas (PIK). Di sela-sela itu, Presiden juga menerima penjelasan dari CEO Kompas Gramedia Agung Adi Prasetyo yang didampingi oleh Presiden Komisaris Kompas Gramedia Jakob Oetama dan Direktur Eksekutif Kompas.com Taufik H Mihardja.

11. Narative Lead (Teras Berita Bercerita)

Keberadaan mangrove di pesisir utara Gresik saat ini terancam punah. Mangrove tersebut tidak terurus dan tidak lebih dari satu persen dcri panjang pantai Gresik, Jawa Timur.Mangrove sebagai ekosistem hutan pantai ini memiliki fungsi penting sebagai pelindung pantai dari ancaman ombak dan tsunami. Selain fungsi fisik melindungi pantai, mangrove berperan penting sebagai habitat biota bernilai ekonomis, seperti ikan, udang, dan kepiting.

12. Exclamination Lead (Teras Berita Menjerit)

“Tolong, Tolong!” Tiga bocah yang tewas tenggelam saat berenang di bekas galian bebatuan di Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Senin (19/1) malam, akan dimakamkan hari ini.

Sekian artikel Universitas Jurnalistik tentang Bagaimana Cara Menulis Lead Berita Secara Sederhana dan Baik. Semoga bermanfaat.

Universitas Jurnalistik
Universitas Jurnalistik Media belajar ilmu jurnalistik terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips jurnalistik terbaru.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Menulis Lead atau Teras Berita Secara Sederhana dan Baik"

Berlangganan