Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Berita: Straight News dan Feature News

Mengenal Berita: Straight News dan Feature News - Banyak yang tidak tahu dan membedakan termasuk jenis apa berita yang kita baca setiap hari. Dalam tulisan ini universitasjurnalistik.com akan mengenalkan apa yang dimaksud dengan straight news dan feature news sehingga kita bisa membedakan termasuk berita apa yang kita baca. Selain dari jenis pemberitaan kita juga akan mengenal apa itu depth news  dan opini, tapi hanya gambaran singkat saja tidak terlalu mendetail, jadi silahkan disimak pada tulisan di bawah ini.

Pengertian Straight News

Straight News adalah laporan kejadian yang harus disajikan dan dilaporkan kepada pembacanya dengan cepat, berisi pokok-pokok berita saja, bersifat informatif, singkat namun lengkap menjawab unsur 5W+1H dari berita. Straight News dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Hard News

Hard News yaitu berita yang penting atau signifikan bagi sejumlah besar orang. Contohnya berita kegiatan pemerintah, politik, hubungan internasional, pendidikan, agama, DPR, Pengadilan.

b. Soft News

Soft News yaitu berita-berita yang menyangkut kemanusiaan serta menarik bagi banyak orang. Contohnya kisah-kisah jenaka, kebutuhan biologis, keanehan.

Apa Itu Straight News dan Feature News?
Straight News dan Feature News

Baca juga: Teori Pemrosesan Informasi

Pengertian Features News

Features News adalah berita yang tidak langsung, dalam arti dibumbui dengan kata-kata berbunga (diplomatis) sehingga fakta yang sepele menjadi menarik untuk dinikmati. Features News juga dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Interpretative News

Interpretative News yaitu berita yang mengemukakan maksud pemberitaan secara tersirat karena memberikan kesempatan kepada pembaca, penonton atau pendengar untuk menafsirkan sendiri pesan yang terkandung dalam berita.

b. Reportase

Reportase yaitu gaya penyampaian informasi yang dengan sengaja membuat pembaca, pendengar dan penonon seolah-olah meliahat dengan mata kepala sendiri terhadap peristiwa yang diberitakannya.

Depth News dan Opini

Selain kedua jenis tulisan di atas, ada juga istilah lainnya yaitu Depth News dan Opini.

Depth News atau disebut berita mendalam, karena laporan yang hendak diberitakannya memiliki nilai berita yang berat, baik dari segi fakta, penggalian data, dan dampaknya kepada masyarakat umum. Disebut berita mendalam, juga karena proses penggalian datanya memerlukan perencanaan, persiapan matang, dan analisa yang mendalam. Ada beberapa karakter depth news, yaitu:

Unsur berita yang ditekankan adalah why (mengapa peristiwa terjadi) dan how (bagaimana peristiwa itu terjadi). Terkadang so what? (apa yang akan terjadi kemudian) dipakai untuk mendekatkan berita pada kebenaran prediksi lebih lanjut dari suatu peristiwa yang tengah terjadi. Deskripsi berita analitis dan mengungkapkan banyak fakta penting sebagai pendukung. Struktur berita yang digunakan adalah balok tegak. Karenanya, di setiap bagian berita (dari kepala berita, tubuh berita, hingga kaki berita) mengandung inti peristiwa. Sehingga, membaca sebagian paragrap saja tidak dapat memahami atau mendapatkan informasi secara utuh. Karenanya, seluruh bagian berita depth news merupakan satu kesatuan utuh.

Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran, atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini atau pendapat bersifat subjektif. Pendapat orang mengenai suatu hal dapat berbeda-beda. Perbedaan pendapat yang dikeluarkan bergantung pada sudut pandang dan latar belakang yang dimiliki.Opini atau pendapat adalah suatu keadaan yang belum pasti kebenarannya. Walaupun suatu kejadian yang diperhitungkan pasti terjadi, namun jika belum terjadi, kejadian tersebut dimasukkan sebagai opini. Apalagi penilain seseorang terhadap suatu benda atau keadaan atau kejadian jelas termasuk opini.

Sekian artikel Universitas Jurnalistik tentang Mengenal Berita: Straight News dan Feature News. Semoga bermanfaat.

Universitas Jurnalistik
Universitas Jurnalistik Media belajar ilmu jurnalistik terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips jurnalistik terbaru.

Posting Komentar untuk "Mengenal Berita: Straight News dan Feature News"

Berlangganan