Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Teras Berita Mudah

Cara Menulis Teras Berita Mudah - Menulis sebuah berita tidaklah sesulit yang dibayangkan. Misalnya dalam menulis sebuah berita kita perlu pahami bahwasannya berita memiliki beberapa bagian yaitu teras berita. Ibaratnya seperti manusia yang punya beberapa bagian tubuhnya yaitu kepala, badan, hingga kaki. 

Selanjutnya universitasjurnalistik.com akan menjelaskan apa itu teras berita? Teras Berita adalah pengantar atau entri point dari suatu berita. Biasanya teras berita memberi pembaca ide yang jelas dan ringkas tentang apa isi berita selengkapnya tetapi tidak memuat detil berita keseluruhan. Pola ini dikenal dengan istilah “lead-in“.

Cara Menulis Teras Berita Mudah
Menulis Teras Berita

\Baca juga: Undang-undang Penyiaran dan Pers

Kunci Membuat Teras Berita

Lima pertanyaan sederhana, nilainya sama pentingnya dengan teras berita, dan merupakan kunci untuk setiap berita yaitu:

  • Siapa (Who)?
  • Apa (What)?
  • Kapan (When)?
  • Dimana  (Where)?
  • Mengapa (Why)?

Dan terkadang kebanyakan profesor jurnalis dan editor setuju untuk memasukkan pertanyaan “Bagaimana” (How) juga ditambahkan dalam paragraf pembuka. Dikenal juga dengan istilah 5W +1H. Kunci untuk menulis teras berita yang baik bukan hanya mampu menjawab ke-enam pertanyaan tersebut, tetapi juga mampu mengurutkan informasi berdasarkan arti pentingnya. Selain itu, teras berita juga harus disusun agar menarik para pembaca.

Kita ambil contoh. Misalnya Anda diminta meliput pertandingan sepakbola antara Indonesia vs Malaysia. Anda sudah punya info skor, laporan highlight, dan wawancara dengan pelatih. Di ruang berita, editor akan bertanya kepad Anda, “Apa yang terjadi dalam pertandingan itu?” Mungkin Anda berfikir bahwa editor ingin mengetahui siapa pemenangnya karena ia sedang pasang taruhan dengan rekan lainnya. Namun sebenarnya, pertanyaan tersebut dimaksudkan agar Anda mendeskripsikannya, aspek terpenting apa dalam pertandingan tersebut dan menunjukkan bagaimana aspek penting itu harus ditata dalam berita. Ini latihan yang sangat bagus untuk para jurnalis segala usia.

Contoh Pembuatan Teras Berita

Mari kita kembali kepada editor kita. berikut percakapan khas antara Anda dengan editor Anda:

  • Editor : “Apa yang terjadi di pertandingan?”
  • Anda : “Parah. Indonesia tidak bisa merebut bola sama sekali, dan Malaysia berhasil unggul sejak awal pertandingan.”
  • Editor : “Berapa skornya?”
  • Anda : “3-0″.
  • Editor: “Wah! Apa kata pelatihnya?”
  • Anda:  ”Tak banyak. Ia akan mengundurkan diri setelah pertandingan.”

Materi sudah ada. Kini kembali kemeja kerja Anda. Memeriksa kembali catatan dan mengingat-ingat kembali percakapan dengan editor tadi. Sambil membuat secangkir kopi, dudukl di kursi, Anda mulai memikirkan 5 W + 1 H:

  1. Who : Indonesia dan Malaysia
  2. What : pertandingan bola
  3. When: Sabtu malam
  4. Where: Gelora Bung Karno
  5. Why:  Final ASEAN Games
  6. How: Tim Malaysia bermain apik sekali…

Anda mulai menulis; Indonesia kalah telak 3-0 saat melawan Malaysia pada pertandingan pertandingan final ASEAN Games di GBK Sabtu malam kemaren. Reporter lain mungkin memulai dengan info pengunduran diri pelatih.Iitu juga bisa diterima. Semuanya tergantung pada pilihan editor dan apa yang terbaik buat pembaca Anda. Dalam kasus ini, mungkin tidak ada patokan baku darimana kita harus mengawali.

Cara lain untuk menulis teras berita yang bagus adalah menulis headline sebelum menulis teras berita. Karena headline meringkaskan isi berita lebih singkat dan menarik, maka ia harus merepresentasikan teras berita secara akurat. Jika headline Anda tidak sesuai dengan teras beritanya, maka tentu ini bermasalah.

Dalam contoh ini, mungkin penulisan headline yang pantas adalah "Indonesia Kalah, Pelatih Mundur". Ibaratnya, jika berita itu adalah hidangan, maka teras berita adalah pembangkit selera makan. Ingat baik-baik tentang hal ini sebelum Anda menulis ata umengetik sebuah berita. Anda sekali lagi harus mampu menjawab 5W + 1H dengan jelas dan tertata baik, kemudian mengelaborasikannya secantik mungkin dalam penulisan isi berita.

Sekian artikel Universitas Jurnalistik tentang Cara Menulis Teras Berita Mudah. Semoga bermanfaat.

Universitas Jurnalistik
Universitas Jurnalistik Media belajar ilmu jurnalistik terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips jurnalistik terbaru.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Teras Berita Mudah"

Berlangganan